Tantangan dan peluang mahasiswa dalam revolusi industri 4.0 dan society 5.0


Dr. Ginanjar Rahmawan - Founder RMC & RNM 

Dapat disimpulkan bahwa Industri 4.0 dan Society 5.0 adalah dua gagasan yang saling mendukung dalam perkembangan teknologi dan perubahan sosial. Industri 4.0 berperan penting dalam mendorong kemajuan Society 5.0 dengan memanfaatkan teknologi digital dan otomasi di sektor industri guna menciptakan produk dan layanan yang lebih berkelanjutan serta mudah dijangkau oleh masyarakat.

Tentunya, terdapat tantangan dan risiko yang harus dihadapi untuk mencapai keseimbangan yang optimal antara Industri 4.0 dan Society 5.0. Contohnya, risiko pengangguran akibat otomatisasi produksi atau bahaya terkait privasi dan keamanan data ketika menggunakan teknologi canggih.

Karena itu, diperlukan perencanaan dan pengelolaan yang efektif agar teknologi tersebut dapat dimanfaatkan secara positif dan memberikan manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. Meskipun terdapat kemajuan teknologi dan industri yang pesat, sebagai manusia, kita tetap perlu menjaga sifat kemanusiaan kita. Kita perlu terus berkomunikasi dan menjalin hubungan interpersonal yang berarti sebagai makhluk sosial yang utuh.

Jangan lupa mampir ke blog temenku : https://fitriyaklara.blogspot.com/2023/09/secara-umumindustri-dan-sosial-5.html

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT BAGI-BAGI TAKJIL

Sosialisasi program LPKS

Alur penggunaan dan pelayanan di Perpustakaan